Langsung ke konten utama

Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus


            Sayup-sayup suara adzan membangunkan ku dari tidur lelapku. Namun, badanku masih terasa sangat letih untuk ku ajak bangkit menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim. Udara dingin seolah semakin membelaiku untuk kembali menarik selimut. Akhirnya… tak kuhiraukan suara panggilan untuk segera memenuhi panggilan Allah. Kembali ku teruskan mimpi yang sempat terputus. Namun… baru sebentar ku terlelap, suara ayam berkokok dari HP ku sudah kembali mengganggu. Dengan malas ku matikan alarm yang sudah semakin nyaring bunyinya.
            “Aduh! Ini ayam berisik banget! Lima menit lagi ya yam. Nanti bangunin lagi.” Gumamku setengah sadar, sambil mengatur alarm kembali.
            Namun… kali ini aku benar-benar terlelap. Tak kudengar lagi suara ayam berkokok atau bunyi apapun yang membangunkanku. Sinar hangat mentari yang mulai menyilaukanlah yang membuatku sadar secara perlahan. Ku lihat jam dinding yang sontak membuatku terperanjat.
            “Waduhhhh!!! Setengah tujuh!! Arrghhh!! Kacau kacau kacau! Hari ini kan kuliah pagi!”.
            Aku segera bangkit menuju kamar mandi. Dengan kekuatan super, aku hanya butuh beberapa menit untuk mandi. Berdandan seadanya dan langsung kubereskan perlengkapan kuliah. Aku segera berangkat, namun langkahku terhenti di pintu kamar.
            “Tunggu dulu, aku kan belum solat subuh. Aduh!”
            Kuliahat jam tangan sudah menunjukan pukul 7 kurang 10 menit.
            “Ah ini udah mepet. Hari ini kan dosennya sangat waw. Bisa bisa disuruh keluar dari jendela kalau telat masuk kelas. Lagian… kalau solat sekarang namanya “subuh beurang pisyaannn”. Maaf ya Allah, aku bolos dulu hari ini ya…”
            Setelah gejolak batin beberapa menit segera ku stop ojeg di pangkalan depan. Sebenarnya jarak ke kampus tidak terlalu jauh. Tapi dengan jalanku yang seperti siput, bisa dipastikan aku akan kalah cepat dengan dosen untuk tiba di kelas.
            “Assalamua’laikum…” ucapku setelah sampai di kelas.
            “Waa’laikumsalam, wah bu ketuplak (ketua pelaksana) baru nyampe. Nekat banget bu datang jam segini, untung dosen belum datang.” Jawab Aldi, teman se UKM ku.
            “Eh dasar kau, ini juga gara-gara acara semalem. Gila malem banget beresnya, bikin ngantuk!”
            “Haha.. resiko jadi ketua gitu  kali bu. Yang lain udah pada pulang, situ harus kerja tambahan buat mastiin semua beres.”
            “Ya.. ya.. ya..” ujarku sambil berlalu kesal.
            Semalam  memang ada kegiatan festival musik untuk memperingati hari jadi UKM Pers yang aku ikuti. Sebagai orang yang diamanahi ketua pelaksana, aku harus bekerja ekstra dari awal kegiatan sampai usai acara. Itulah yang membuat pagi ini kuawali dengan kekacauan.
            “Bila.. .bangku sebelah  kosong?” tanyaku pada Salsabila yang tengah asyik membaca buku.
            “Kosong Ray, duduk aja.”
            “Ok sip.“
            “selamat ya, acaranya sukses. Tadi Aldi cerita acaranya rame banget.  Kamu  hebat Ray!” ucapnya sambil mengulurkan tangan
            “Thanks Bil.” Balasku  sambil menerima uluran tangannya. “Tapi efeknya yang ga bagus nih! Aku tadi bangun kesiangan. Capee bangettt!!” keluhku menyambung perbincangan.
            “Resiko kan Ray. Bukannya seorang Raya udah biasa cape-capean kaya gini. Secara, aktivis kampus gitu loh. Haha… Semangat say! Selalu ada pengorbanan dalam kesuksesan.”
            “Hehe.. ia say, makasih ya supportnya.”
            Bila memang selalu mengerti keadaanku. Ia adalah sahabat terdekatku yang selalu mebangkitkan gairahku dengan kata-katanya yang indah. Dia juga aktivis kampus sepertiku, tapi dia lebih aktiv di  kegiatan yang berbau religius. Dia tercatat sebagai salah  satu aktivis dakwah di kampus. Ah, sebenarnya aku dan dia memiliki kepribadian yang berlawanan. Bila adalah sosok yang begitu anggun dengan busana muslimahnya. Pemahamannya tentang agama membuat perilaku yang ditonjolkan begitu mencerminkan keimanannya. Sedangkan aku, ya… beginilah… Tapi entahlah, aku dan Bila bisa begitu dekat.
            Suara salam dari dosen yang mengawali mulainya jam pelajaran akhirnya membuyarkan lamunanku. Ku ambil catatan dan alat tulis untuk menyambut pelajaran hari ini. Walaupun aku ragu ditengah jam pelajaran, mata ini masih kondusif atau tidak. Haha…
            Menit demi menit berlalu. Sampai akhirnya usai juga jam pelajaran di jam pertama. Perjuanganku menahan kantuk masih terus berlanjut di jam kedua. Aku paling kesal dengan hari ini, ya.. hari Senin ini, dimana tidak ada jeda diantara jam pelajaran. Ditambah, dosen jam kedua pasti sudah duduk manis di mejanya, menyambut kedatangan kami.
            “Ayo Bil, kita bareng ke lantai 4 nya.” Ajakku pada Bila yang tampak terburu-buru membereskan alat tulisnya.
            “Duluan aja Ray, aku ada urusan dulu bentar.”
            “Ah Bil, kamu kan udah sering ditegur sama Pa Bani gara-gara telat masuk terus. Hampir tiap jam pelajarannya lho kamu telat.”
            “Hehe.. ga papa. Pa Bani pasti udah ngerti sekarang. Kemarin-kemarin aku udah cerita alesannya ke beliau. Duluan aja Ray, nanti kamu telat juga.”
            “Beneran ga papa? Ya udah aku duluan ya Bil.”
            “Ia ga papa Ray.”
            Rasa penasaran akhirnya membuat ku berpikir untuk mengikuti kemana Bila pergi setiap kali pergantian jam pelajaran. Sebagai sahabatnya aku ingin tahu apa alasan dia selalu terlambat ke kelas ketika pergantian jam pelajaran.
            “Musholla?” tanyaku pada diri sendiri. Oh.. jadi Bila solat duha dulu makanya telat masuk. Hebat.. Hebat!”
            “Raya?” Bila bertanya heran melihatku berdiri mematung di depan pintu musolla ketika dia keluar untuk berwudhu.
            “Hehe.. maaf aku ngikutin kamu. Aku penasaran apa alesan kamu sering ngilang pas pergantian jam. Maaf aku kepo banget... kenapa kamu ga pernah ngajak aku buat solat juga?”
            “Aku juga baru-baru  ini kok ngerutinin solat duha. Aku takut kalau bilang-bilang malah timbul rasa riya di hatiku. Maaf ya ray..”
            “Gapapa, ya udah aku ikutan ah solat duha.”
            Spontan  kata-kata itu keluar dari mulutku. Padahal solat duha adalah solat sunat yang sangat jarang aku kerjakan. Alasannya tentu karena bentrok dengan  jam pelajaran dan seambrek kegiatan lain. Ada perasaan aneh yang menyergap jiwaku  ketika ku melaksanakannya. Damai.. tentram.. saat ku benar-benar berusaha mendidrikan solatku dengan khusu. Perasaan yang mungkin akan membuatku ketagihan melaksankannya. Setelah selesai solat, Bila mengajariku doa setelah solat duha. Aku merinding setelah Bila menjelaskan arti doa tersebut.  Segala permintaan duniawi yang ku pinta terangkum dalam doa tersebut.
            Setelah selesai solat, kami masuk ke kelas bersamaan. Sebenarnya sepanjang perjalanan menuju kelas aku dihantui rasa takut dimarahi karena telat masuk. Namun, rasa takutku sirna setelah masuk kelas, kami justru disambut senyum manis Pak Bani. Aku sempat terbelalak tak percaya. Pa Bani dikenal tegas dan jarang senyum, tapi ini kok malah sebaliknya..
            Raya menyadarkanku dari lamunan dengan menarikku mencari tempat kosong untuk duduk.
            “Gapapa kan, Pa Bani malah senyum?”
            “Hehe… kamu ngapain Pa Bani sampai berubah gitu? Biasnya kan dia suka marah kalau ada mahasiswa telat masuk.”
            “Pa Bani juga manusia kalii.. dia juga muslim. Aku kan udah bilang alesannya pas ke ruang kerjanya, jadi dia ngerti.”
            “Ooohhh…”
            Pengalaman spiritual di musolla tadi enatah kenapa membuat kantuk yang dari tadi menggelayutiku sirna begitu saja. Aku jadi lebih bersemangat untuk belajar. Selepas pelajaran ini aku akan meghujani Bila dengan deretan pertanyaan. Haha.. aku mentap Bila yang tengah asyik mendengarkan ceramah Pa Bani. Entah kenapa aku baru sadar wajah Bila memang begitu bercahaya. Memancarkan kedamaian bagi siapapun yang melihatnya. Ah, beruntung sekali aku bisa mengenalmu begitu dekat Bil…
            “Bila.. ke kantin yu.. aku traktir deh, hehe..” ajakku setelah selesai kuliah
            “Maaf Ray.. aku sedang shaum.” Tolaknya dengan lembut
            “Aduh maaf Bil, aku lupa. Kamu selalu puasa Senin Kamis.”
            “Hehe..nyantai aja lagi. Aku udah maklum kamu udah tua, jadi pelupa.”
            “Uuh.. ga enak banget ujungnya Bil. Haha.. Eh, terus kamu mau kemana? Aku ada banyak pertanyaan ke kamu. Pengen ngobrol-ngobrol bentar. “
            “Aduh, aku mau diapain sama bu wartawan?”
            “Mau diminta pertanggung jawaban atas apa yang aku rasain gara-gara kamu.” Ujarku sambil mengulurkan lidah
            “aku salah apa Ray?” tanyanya penuh perasaan bersalah
            “Haha.. santai  aja Bil. Jangan ngerasa bersalah gitu. Jadi.. dimana kamu bakal berdiam diri abis kuliah? Hehe..”
            “Biasa, aku di masjid kampus ya Ray. Solat dhuhur disana. Sekalian ada rapat kegiatan.”
            “Oh ia ia, nanti aku kesana ya. Aku tungguin kamu sampe beres rapat.
            Kami pun berpisah di kantin kampus. Bila meneruskan perjalanan menuju masjid kampus, aku sibuk memesan makanan untuk mengisi cacing-cacing yang sudah berdemo di perutku.
            Usai melahap makanan, ku langkahkan kaki menuju rumah Allah yang tidak jauh dari kantin kampus. Rasanya.. aku sangat jarang berada disini. Aku selalu solat di ruang sempit bernama  musolla, atau di sekre UKM Pers. Aku jarang menyempatkan diri merasakan sensasi solat berjamaah di masjid. Efeknya… rasa aneh itu muncul kembali ketika ku sujudkan diri di rumah Allah ini. Damai begitu terasaa… suasana masjid yang tentram seolah mendukungku untuk semakin khusu berkomunikasi dengan-Nya.
            Usai solat, ku bersandar di dinding selasar masjid. Beberapa menit yang lalu Bila memintaku menunggu di selasar karena rapatnya akan segera selesai. Ditengah keasyikanku menikmati sejuknya suasana masjid, samar-samar ku dengar suara lantunan yang begitu merdu dari beberapa akhwat yang sedang berkumpul. Lantunan ayat-ayat itu seolah menyadarkanku akan  kelalaian yang selama ini kulupakan. Aku… entah kapan terakhir kali ku baca firman Mu ya Rab…
            “Assalamualiakum Ray..”
            “Wa.. waalailaikumsalam… Aduh Bila ngagetin aja.”
            “Haha.. ngelamun mulu neng.”
            “Aku lagi nikmatin lantunan ayat suci Bil, bukan ngelamun.”
            “Oh.. hehe maaf Ray. Gimana, enak ya dengernya?”
            “Ia Ray.. Oh ia, aku sebenernya pengen curhat ke kamu.”
            “Tentang?”
            “Agama”
            “Maksudnya?”
            “Aku kagum sama kamu Bil, kamu itu selalu nyempatin diri buat solat duha. Sesempit apapun waktu yang kamu miliki. Kamu juga konsisten buat shaum senin kamis. Kalau masalah ibadah wajibnya, pasti udah ga diraguin. Aku pengen kaya kamu Bil. Aku pengen berubah.”
            “Kalu berubah kaya aku susah Ray. Bentuk fisik kita kan beda. Kamu harus operasi plastik berapa kali biar mirip kaya aku. Haha…”
            “Bilaaa… aku serius”. Ucapku seolah marah
            “Haha.. maaf maaf”
            “Kamu tahu ga.. aku  kaya bener-bener  jauh banget dari Allah. Kamu tahu tadi pagi aku ga solat subuh. Rasanya udah sering aku ngakhirin waktu solat bahkan ninggalin solat. Semua alesannya  cuma karena ga ada waktu. Kamu tahu, semua aktivitas kampus, kegiatan-kegiatan yang aku ikutin, bikin aku sering lupa sama kewajiban utama. “
            “Kamu ga akan lupa kalau  kamu  tahu tujuan utama kita hidup untuk apa. Dalam surat Az-Zaariyaat ayat 56, Allah kan udah ngejelasin kalau tugas kita cuma buat beribadah kepada Allah. Belajar, kerja, ikut berbagai kegiatan, itu hanya selingan supaya kita ga jenuh nunggu waktu solat. Tapi.. kebanyakan selingan itu justru jadi kegiatan utama kita.”
            “Kamu bener Bil. Aku selalu berusaha datang tepat waktu kalau kuliah atau rapat. Tapi aku selalu terlambat buat menuhin panggilan Allah. Aku selalu siap siaga kalau ada panggilan dadakan buat ikut kegiatan ini itu, tapi aku selalu berleha-leha kalau  masalah ibadah.  Aku kuat begadang semalamen kalau ada kegiatan, tapi ngedenger ceramah ustad beberapa menit aja rasanya udah bikin aku terlelap tidur. Aku lebih takut sama manusia daripada sama Allah. Kamu tahu itu kan? Tadi aja pas kita solat duha, aku takut dimarahin dosen gara-gara telat masuk.”
            “Itu problem umum setiap manusia Ray. Tapi hanya orang-orang khusus yang bisa mengatasi problem tersebut. Hanya mereka yang siap keluar dari zona nyaman yang bisa ngendaliin waktu dan urusan duniawi supaya tetap seimbang sama akhirat. Dan aku  yakin, kamu bisa Ray buat jadi orang-orang khusus tersebut.”
            “Aku butuh kamu buat ngingetin aku..”
            “Aku pasti bantu kamu. Tapiii..  sebenernya diri kamu sendiri yang bisa ngingetin kamu. Aku ga selalu ada buat kamu. Kita punya kegiatan yang  berbeda yang kadang memisahkan kita diluar perkuliahan. Niat dan  bulatkan tekad adalah kunci terbesarnya. Inget Ray, waktu kita di dunia ga ada yang tahu. Manfaatkan selagi ada kesempatan.”
            “Makasih.. Salsabilaa… kamu  memang sahabat terbaikku. Makasih udah  ngasih hidayah yang begitu indah ini.” Ucapku sambil memeluk Bila dengan linangan air mata
            “Bukan aku, tapi Allah yang udah ngasih hidayah itu. Aku hanya perantara.” Ucap Bila sambil membalas pelukanku.
            Tempat ini menjadi saksi air mata ku yang jatuh menyesali kekhilafan yang sering tak ku tafakuri…  Tempat ini pula yang menjadi saksi, aku bertekad untuk memperbaiki diri. Ya Alah, betapa aku sering melalaikan kewajibanku padahal Engku telah memberikan anugerah luar biasa kepadaku. Maafkan aku, terima kasih Engaku telah megirimkan Salsabila sebagai penerang dalam gelapnya jalanku…

SEKIAN…ALHAMDULILLAH ^^

Komentar

  1. teh rima bagus banget certanya :) komen blog aku juga ya ;)

    BalasHapus
  2. Aku ga di tag teh ..... T_T .... komen fb aku juga ya vin ... hihihi

    BalasHapus
  3. thankyou vin. nya ke belajar dulu :D

    Wah agus pundung ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular post

makalah emotional intelligence

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang             Kecerdasan intelektual seringkali menjadi ukuran sebagian besar orang untuk meraih kesuksesan. Banyak orang berpikir, dengan kemampuan intelektual yang tinggi, seseorang bisa meraih masa depan yang   cerah dalam hidupnya. Tidak heran, banyak orang tua selalu menekankan anaknya untuk meraih nilai sebaik mungkin agar kelak memiliki masa depan yang cemerlang. Sistem pendidikan di negara kita yang lebih menekankan pada prestasi akademik siswa atau mahasiswa juga semakin mendukung argumen tersebut. Padahal kenyataannya, kecerdasan intelektual bukanlah hal mutlak yang dapat menjamin kesuksesan seseorang.             Mungkin kita sering bertanya-tanya mengapa orang yang ber-IQ tinggi justru banyak yang mengalami kegagalan dalam karirnya. Sedangkan orang yang ber-IQ sedang justru dapat lebih sukses dari orang yang ber-IQ tinggi. Hal itu disebabkan karena ada satu kecerdasan yang lebih berpengaruh dalam menentukan kesuksesan seseoran

BOOK REPORT FILSAFAT MORAL

BAB   I PENDAHULUAN 1.1   Identitas Buku Judul buku       : Filsafat Moral Penulis                : James Rachels Cetakan              : ke enam Tahun terbit      : 2013 Penerbit              : Kanisius, Jl. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55011 Halaman             : 394 lembar Harga                 : Rp. 52.000,00 Penerjemah       : A. Sudiarja 1.2   Latar Belakang Penulisan Persoalan-persoalan amoral dewasa ini dinilai semakin memprihatinkan. Banyak kalangan masyarakat yang berperilaku melawan aturan-aturan moral. Aturan yang semula ditaati demi terciptanya keteraturan sosial, kini dengan mudah ditentang oleh banyak kalangan. Perbuatan amoral seolah menjadi hal lumrah di masyarakat. Keteraturan sosial semakin jauh dari harapan. Perubahan zaman yang diwarnai dengan arus globalisasi dan modernisasi merubah segala etika dan aturan moral menjadi sesuatu yang kuno, sehingga banyak kalangan yang meninggalkannya. Degradasi moral yang melanda generasi m

Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

A.     Pendahuluan Bahasa merupakan   alat komunikasi yang penting   agar manusia dapat saling berinteraksi dan berbagi informasi dengan manusia yang lain. Bahasa ada yang digunakan secara lisan, adapula yang digunakan dalam bentuk tulisan. Bahasa melengkapi anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Melalui bahasa, manusia dapat terus mengembangkan kemampuan menalar yang dimilikinya. Kemampuan menalar tersebut sangat penting untuk mengembangkan kemampuan manusia agar terus berkembang kearah kemajuan. Hal itulah yang membuat perkembangan manusia cenderung dinamis. Mengingat pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia, maka penggunaan bahasa harus benar agar dapat dimengerti oleh manusia lain dan tidak menimbulkan kesalah pahaman, terutama dalam penggunakan bahasa tulisan. Dalam menulis, manusia tidak bisa sekehendak hati, tetapi harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku. Di Indonesia, aturan menulis harus sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Penetapan atur