Langsung ke konten utama

Esensi dari "si segi empat"


            Hari kemenangan yang dinantikan sudah di depan mata. Sebentar lagi, takbir kemenangan akan menggema di seluruh penjuru dunia. Umat muslim akan bersuka ria untuk menyambutnya.  Hari-hari terakhir Ramadhan  menjadi hari yang disibukkan dengan sederetan kegiatan untuk semakin memantapkan persiapan hari Raya. Ada yang mulai mengecat rumah yang sudah using, mendadak rajin membersihkan bagian rumah yang jarang tersentuh, membeli baju hari Raya dan yang tidak kalah penting tentunya menyiapkan hidangan khas lebaran.
            Di Indonesia, ada banyak kuliner khas lebaran yang memanjakan lidah. Mulai dari kue-kue khas pengisi toples seperti nastar, olahan daging seperti opor ayam,  olahan kentang seperti tumis  dan  tentu saja olahan  nasi yang dikemas dalam ayaman janur bernama ketupat. Ya… ketupat dengan bentuk segi empat yang seringkali menjadi ikon hari Raya. Kita biasa menyantapnya dengan opor ayam dan tambahan menu lainnya. Emm... membayangkan memakan ketupat pasti semakin membuat hati tidak sabar menanti datangnya hari Raya.
            Namun… pernahkan  terbersit tanya di hati  kita mengenai seluk beluk ketupat? Kenapa bentuknya segi empat, terbuat dari janur, harus dianyam, dan berisi beras? Haha… jika iseng-iseng pernah terbersit tanya seperti itu, maka pasti akan muncul rasa penasaran yang kadang terus kita pikirkan. Apa sebenarnya esensi dari semua rahasia ketupat?  Mungkin inilah  jawabannya…
v  Janur Kuning
Ini merupakan bahan dasar yang kebanyakan dijadikan untuk membuat  ketupat. Walaupun  ada  juga yang membuat ketupat dari daun  kelapa yang sudah agak tua yang warna hijaunya lebih tua. Menurut cerita orang-orang tua terdahulu, janur kuning merupakan perlambang sebagai penolak  bala. Tidak hanya untuk ketupat, janur kuning sebagai penolak bala juga digunakan dalam acara lain misalnya saat hajatan pengantin. Dalam falsafah Jawa, janur bermakna sejane ning nur (arah menggapai cahaya -maksudnya cahaya Illahi-). Adapun kuning bermakna sabdo dadi (yang dihasilkan dari hati atau jiwa yang bening). Dengan demikian, penggunaan  janur  kuning dalam membuat ketupat atau  dalam berbagai hajatan itu mengandung cita-cita untuk menggapai atau memperoleh nur Allah dengan hati atau jiwa yang suci atau bening.  Atau keadaan hati dan jiwa manusia yang suci setelah mendapatkan nur (cahaya) dari Allah.
v  Bentuk Segi Empat
 Bentuk segi empat ketupat melambangkan “kiblat papat limo pancer” atau empat arah mata angin dan satu pusat. Bentuk ini mencerminkan kesimbangan alam. Secara religius bermakna bahwa kemana pun  manusia itu berjalan pasti selalu menuju ke satu arah yaitu Allah, Sang Khalik. Sedangkan secara akhlaki, mencerminkan empat macam nafsu manusia, yaitu amarah (nafsu emosional) , aluamah (nafsu untuk memuaskan rasa lapar), supiah (nafsu untuk memiliki sesuatu yang indah), dan mutmainah (nafsu untuk memaksakan diri). Keempat nafsu ini hanya mampu ditaklukkan oleh satu amaliyah, yaitu dengan berpuasa. Dalam tradisi ketupat lebaran, disimbolkan bahwa seseorang yang memakan ketupat, orang itu dianggap sudah mampu menaklukkan keempat nafsu tersebut.
v  Anyaman ketupat
 Gabungan janur kuning yang membentuk menjadi anyaman juga memiliki makna filosofis. Bagi orang Jawa, anyaman tersebut memiliki makna berbagai kesalahan dosa manusia. Secara religius manusia itu tempatnya kesalahan dan  kealphaan. Adapun ketupat setelah dibelah dua dengan pisau  menampakkan warna putih. Ini bermakna kebersihan dan kesucian manusia. Dalam tradisi lebaran, kebersihan dan kesucian itu hanya dapat diperoleh setelah tuntas melakukan amal ibadah selama bulan Ramadhan.
v  Beras
Dalam tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia, beras memiliki arti khusus. Ia melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Adapun beras dalam ketupat bermakna setelah hati dan jiwa manusia itu bersih dari empat macam nafsu itu, maka manusia akan memperoleh kemakmuran dan kesejahteraan. Dengan demikian, bisa dimaknai pula bahwa kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat itu hanya dapat diperoleh jika manusia dalam masyarakat itu memiliki hati dan jiwa yang bersih dan suci.
            Wahhh!! Ternyata luar biasa sekali esensi dari ketupat tersebut. Kita bisa belajar untuk memaknainya agar perayaan hari Raya terasa lebih bermakna. Bisa menjadi motivasi untuk semakin meningkatkan kualitas diri setelah berlalunya bulan suci.
            Ayoo… semangat nganyam ketupatnya ^_^. Jangan lupa bagi-bagi ke orang lain yang mungkin ga seberuntung kita yang bisa menikmati hidangan hari Raya… Jangan kesibukan makan juga, jangan lupa minta maaf dan koreksi diri agar hari kemenangan bisa lebih indah.
Minal aidzin walwaidzin… mohon maaf lahir dan batin… {}

Komentar

Popular post

makalah emotional intelligence

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang             Kecerdasan intelektual seringkali menjadi ukuran sebagian besar orang untuk meraih kesuksesan. Banyak orang berpikir, dengan kemampuan intelektual yang tinggi, seseorang bisa meraih masa depan yang   cerah dalam hidupnya. Tidak heran, banyak orang tua selalu menekankan anaknya untuk meraih nilai sebaik mungkin agar kelak memiliki masa depan yang cemerlang. Sistem pendidikan di negara kita yang lebih menekankan pada prestasi akademik siswa atau mahasiswa juga semakin mendukung argumen tersebut. Padahal kenyataannya, kecerdasan intelektual bukanlah hal mutlak yang dapat menjamin kesuksesan seseorang.             Mungkin kita sering bertanya-tanya mengapa orang yang ber-IQ tinggi justru banyak yang mengalami kegagalan dalam karirnya. Sedangkan orang yang ber-IQ sedang justru dapat lebih sukses dari orang yang ber-IQ tinggi. Hal itu disebabkan karena ada satu kecerdasan yang lebih berpengaruh dalam menentukan kesuksesan seseoran

BOOK REPORT FILSAFAT MORAL

BAB   I PENDAHULUAN 1.1   Identitas Buku Judul buku       : Filsafat Moral Penulis                : James Rachels Cetakan              : ke enam Tahun terbit      : 2013 Penerbit              : Kanisius, Jl. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55011 Halaman             : 394 lembar Harga                 : Rp. 52.000,00 Penerjemah       : A. Sudiarja 1.2   Latar Belakang Penulisan Persoalan-persoalan amoral dewasa ini dinilai semakin memprihatinkan. Banyak kalangan masyarakat yang berperilaku melawan aturan-aturan moral. Aturan yang semula ditaati demi terciptanya keteraturan sosial, kini dengan mudah ditentang oleh banyak kalangan. Perbuatan amoral seolah menjadi hal lumrah di masyarakat. Keteraturan sosial semakin jauh dari harapan. Perubahan zaman yang diwarnai dengan arus globalisasi dan modernisasi merubah segala etika dan aturan moral menjadi sesuatu yang kuno, sehingga banyak kalangan yang meninggalkannya. Degradasi moral yang melanda generasi m

Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

A.     Pendahuluan Bahasa merupakan   alat komunikasi yang penting   agar manusia dapat saling berinteraksi dan berbagi informasi dengan manusia yang lain. Bahasa ada yang digunakan secara lisan, adapula yang digunakan dalam bentuk tulisan. Bahasa melengkapi anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Melalui bahasa, manusia dapat terus mengembangkan kemampuan menalar yang dimilikinya. Kemampuan menalar tersebut sangat penting untuk mengembangkan kemampuan manusia agar terus berkembang kearah kemajuan. Hal itulah yang membuat perkembangan manusia cenderung dinamis. Mengingat pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia, maka penggunaan bahasa harus benar agar dapat dimengerti oleh manusia lain dan tidak menimbulkan kesalah pahaman, terutama dalam penggunakan bahasa tulisan. Dalam menulis, manusia tidak bisa sekehendak hati, tetapi harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku. Di Indonesia, aturan menulis harus sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Penetapan atur