Langsung ke konten utama

Sepotong Episode yang tertinggal



          Keriuhan usai libur kuliah yang panjang tiba-tiba menyergap kelas pagi ini. Kabar adanya asisten dosen baru yang memiliki fisik lumayan menarik, langsung menyedot perhatian para mahasiswa. Mata kuliah yang sempat dianggap akan menjenuhkan seolah langsung berubah menjadi mata kuliah yang paling dinantikan. Namun, entah mengapa, aku tidak tertarik sama sekali. Bukan tanpa alasan, nama dosen itu mengingatkanku pada seseorang yang ingin sekali ku lupakan. Rendi Reynaldi S.Pd, nama itu begitu mirip dengan dia. Ah... semoga memang hanya sekedar sama nama saja.
            “Rika....!!!” ngelamun aja neng, nanti kesambet!” seru Dani mengagetkanku.
            “Hoam... ngantuk Dan, bukan ngelamun.”
            “Waduh... kamu ini ya, kapan ga pernah ngantuknya sih?! Ini masih jam kuliah pertama.”
            “Hehe...”
            “Malah ketawa lagi! Ah, tapi nanti kan ada dosen ganteng. Kamu ga bakal ngantuk. Cuci mata gitu. Haha... “
            “Ah biasa aja. Ga tertarik.” Ucapku datar.
         “Bohong.. bohong. Sekarang aja bilang ga tertarik, nanti pas udah datang pasti langsung terpana. Harus hati-hati Dan, nanti Rika nya berpaling ke lain hati.” Seru Gina yang tiba-tiba datang.
           Aku dan Dani hanya saling menatap mendengar ucapan Gina. Ada pancaran mata berbeda dari Dani. Namun, aku tidak mau salah mengartikannya. Kita memang dekat, namun hanya sebatas sahabat. Meski ku akui, terkadang timbul perasaan-perasaan aneh yang tidak pernah ku rasakan jika bersama sahabat-sahabatku yang lain.
         Tiba-tiba terdengar derap langkah yang langsung disambut histeris oleh para mahasiswi di luar kelas. Mereka langung berebut untuk segera masuk ke kelas demi mendapatkan kursi terdepan. Aku secara refleks langsung menjatuhkan pulpen yang ku pegang. Aku tidak percaya dengan apa yang ku lihat. Asisten dosen itu....
       Kenangan masa lalu tiba-tiba berputar di kepalaku. Menampilkan slide-slide yang sudah lama ku pendam namun kini mencuat kembali. Kenangan yang membuatku menatap orang yang harusnya ku hormati dengan tatapan kebencian. Berbeda dengan teman-temanku yang tampak terpesona dengannya, aku muak melihatnya meski hanya beberapa detik saja. Seandainya aku tahu dia adalah asisten dosen yang akan mengampu mata kuliah ini, aku akan berpikir ribuan kali lagi untuk mengontraknya.
          “Assalamua’alaikum teman-teman semua...”
          “Waalaikumsalam pak...”
        “Sebelum kita memulai perkuliahan di pagi hari ini, izinkan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Randi Reynaldi yang kebetulan  diamanahi oleh Pak Burhan untuk menjadi asisten dosen beliau. Saya masih menempuh studi di S2. Jadi, karena kemungkinan umur kita tidak jauh berbeda, semoga kalian tidak sungkan untuk bertanya atau meminta bantuan terkait masalah pelajaran. Semoga kita bisa bekerjasama dengan baik.”
            “Wah... dia bener-bener keren Rik...” ucap Gina dengan mata berbinar-binar
            “Keren apanya.” Ucapku sebal
            “Kenapa Rik? Kok kaya yang ga suka gitu ke Pa Rendi?” tanya Dani
            “Hah? Eh.. engga apa-apa kok Dan.” Ucap ku tanpa melirik ke arahnya
           Sepanjang kuliah berlangsung, konsentrasiku entah kemana. Tidak ada satupun materi yang masuk ke otakku. Bahkan sekedar mampir pun tidak ada sama sekali. Sudah tidak terhitung Pa Rendi menegurku, namun ku anggap hanya angin lalu. Aku hanya ingin segera keluar dari tempat ini.
            “Kamu kenapa sih Rik?” Tanya Dani usai jam kuliah.
            “Ga kenapa-kenapa Dan. Emang tadi aku kenapa?”
           “Kamu ga konsetrasi banget. Lebih parah daripada waktu kamu ngantuk. Udah ga kehitung Pa Rendi negur kamu.”
            “Dosennya aja yang berlebihan Dan.”
            “Kamu yang aneh Rik.”
            “Udah ah Dan, jangan ngebahas itu. BT tau. Aku pergi duluan ya.”
“Mau kemana?”
“ga tahu.” Ucapku berlalu begitu saja.
 Namun langkahku terhenti ketika Dani memegang tanganku. Itu pertama kalinya setelah kita bersahabat selama 2 tahun terkahir ini. Perasaan aneh itu semakin menyergapku. Amarah yang sempat membara seolah terpadamkan oleh sentuhan lembut Dani.
“Aku tau ada hal yang kamu sembunyiin. Aku kenal kamu udah lama Rik. Kalo kamu ga mau cerita sekarang, izinin aku buat nemenin kamu ngilangin rasa BT itu.”
“eh.. ga papa kok aku sendiri aja.”
“Udah ah ayo, aku temenin. Aku juga lagi BT  ngeliatin orang dari tadi manyun mulu waktu belajar.”
“Sebentar.. orang yang kamu maksud itu... aku?!”
“Haha... ia syukur kalo ngerasa.”
“Dani...!!!” ucapku sambil mengejar Dani yang sudah melarikan diri.
 Dani memang istimewa. Selalu ada tawa canda jika aku bersamanya. Sentuhan tangan tadi sejujurnya sangat membahagiakan ku. Perasaan aneh itu kembali merekah di hatiku. Namun, harus segera ku tepis. Aku tidak pantas untuknya. Dia terlalu baik untukku.
       Pertemuan kedua saat kuliah Pa Rendi, ada hal yang sangat mengejutkan seisi kelas. Pa Rendi menyebarkan undangan pertunangannya untuk semua mahasiswa. Desian undangan manis bertulisakan nama Pa Rendi dan pasangannya, membuatku begitu sakit melihatnya. Pagi yang cerah seakan berubah mendung di mataku. Aku mencoba untuk menyembunyikan air mata yang ingin segera keluar. Ku coba untuk tersenyum seakan semua baik-baik saja, meski perasaannku terasa begitu getir
          Usai jam kuliah, aku segera pergi keluar kelas. Tidak ku peduliakn teriakan Dani yang memanggilku. Aku berlari menuju taman untuk melampiaskan kesedihanku. Aku hanya ingin sendiri meredakan semua gejolak ini.
          "Kita perlu bicara."
           Aku segera menghapus air mataku. Ku kuatkan diri untuk berbalik.
          "Ga perlu.  Aku ga terlalu bodoh buat memahaminya sendiri."
          "Aku minta maaf atas semua kebohongan yang aku buat ketika kita pacaran dulu. Aku pura-pura hidup ga karuan hanya untuk nguji cinta kamu."
         "Nguji cinta aku?! kamu ga tahu akibat dari kebohongan itu?! aku harus ikut gaya hidup yang ga karuan, ngelakuin semua permintaan kamu sampai aku ikut-ikutan hancur! Aku emang bodoh terlalu cinta sama kamu! Sampai aku ga bisa berpikir jernih lagi!”
         "Rika... maafin aku..."
         "Kalo bukan karena teman-temanku yang udah nyadari aku, aku mungkin bakal lebih hancur lagi! Aku mutusin hubungan kita berharap kamu sadar! Tapi apa?! Kamu malah pergi entah kemana! Sekarang kamu seenaknya muncul lagi!”
         “Rika... setelah kamu mutusin hubungan kita, aku bener-bener kehilangan kamu. Itu yang ngebuat aku pergi dan berusaha untuk memperbaiki hidupku lagi. Kamu yang bikin aku sadar untuk kembali menjadi aku yang dulu. Sampai aku bisa ngejar ketertinggalan aku dan bisa jadi seperti sekarang.”
         “Lalu ini apa?!” Ucapku sambil melempar undangan pertunangan.
         “Itu semua diluar kendali ku Rika... Dia orang yang lebih dulu hadir di hatiku sebelum kamu. Maaf... Rika.. maaf.. Aku memilih dia karena kamu yang udah nutup diri dan semakin menjauh dari aku. Kamu boleh marah sepuas kamu Rika.”
         “Dulu... ada ribuan pertanyaan yang ingin aku tanyain ke kamu. Ada ribuan caci maki yang ingin aku keluarin ke kamu. Kenapa kamu tega ngelakuin semua itu ke aku?! Kenapa kamu tega ngajarin hal yang ga bener ke aku?! Kenapa kamu tega ngebuat aku seperti sampah yang udah ga berharga?! Kenapa... Kenapa... kenapa...” hiks.. aku tidak kuasa untuk menahan tangisku kembali.
        “Rika....”
        “Tapi sekarang... aku Cuma mau ngucapin beberapa  kata untuk kamu. Terima kasih Pa Rendi atas semua yang udah Pa Rendi lakuin. Kesalahan di masa laluku mungkin akan terus membayangi. Tapi itu menjadi pelajaran berharga agar aku tidak terjebak dengan cinta lagi. Terakhir, selamat berbahagia dengan tunangan anda. Pasti dia orang yang begitu luar biasa, sampai Pa Rendi bisa berubah menjadi seperti sekarang. Maaf juga atas sikap saya yang kurang berkenan.”
         “Rika... aku yang salah.”
         “Tidak, bapa ga salah. Aku yang terlalu bodoh. Lupain aja tentang apa yang terjadi di masa lalu kita. Saya pergi duluan ya Pa.”
          Aku segera berlari meninggalkan Pa Rendi yang hanya berdiri mematung. Semua perasaan yang selama ini terpendam sudah ku luapkan. Amarah sekaligus rasa terima kasih untuk dia yang telah mengajariku banyak hal berharga.
         Hari pertunangan Pa Rendi pun tiba. Aku mencoba untuk menguatkan diri tetap tersenyum di hari bahagianya.
          “Kalo kamu ga kuat, kenapa maksain diri buat dateng kesini?” tanya Dani yang membuatku heran.”
          “Maksud kamu?”
         “Pulang bareng aku ya, ada sesuatu yang pengen aku omongin.” Ucap Dani yang langsung menarik tanganku keluar ruangan.
          “Tunggu Dan, kita kan baru sebentar disani.”
           Dani tidak mendengarkan kata-kataku. Ia mengajakku untuk segera naik ke motornya. Aku tidak tahu ia akan membawaku kemana.
          “Kamu ingat tempat ini Rika?” tanyanya setelah tiba di taman kampus.
          “Kamu ngaco Dan. Ya aku inget lah. Ini taman kampus kita. Gimana aku ga inget.”
          “Ini bukan hanya sekedar taman buat aku. Di taman ini, aku pertama kali ketemu seseorang ketika ospek mahasiswa baru dulu. Seseorang yang ga pernah ku sangka bisa sedekat ini sampai sekarang. Seseorang yang selalu ngebuat aku ingin ngelindunginya, ngebuatnya tetap tersenyum dan jadi orang yang selalu bisa dia andelin.”
          “siapa dia Dan?”
          “Tapi... aku ngerasa gagal buat ngelakuin semua itu Rik, saat dia sedih, bukan aku yang bisa ngembaliin senyumnya. Saat dia bilang semua baik-baik aja, tapi ada orang lain yang bisa bikin dia ngeluapin perasaan dia yang sebenernya. Sampai akhirnya ngebuat aku ga bisa nahan diri untuk bertanya, seberapa penting aku buat dia.”
          “Dani...”
          “Jadi... Rika, seberapa penting aku buat kamu? Kenapa kamu nyembunyiin hal itu dari aku? Kenapa kamu ga mau berbagi kesedihan kamu? Sakit ngeliat kamu nahan semuanya sendiri.”
          “Dani... kamu udah tahu semuanya?”
          “Maaf, aku ngedenger perbincangan kamu dengan Pa Rendi di taman ini.”
          “Jadi... kamu...”
          “Ya.. sekarang aku udah tahu masa lalu kamu. Sekali lagi aku nanya Rika, seberapa penting aku buat kamu? Seberapa penting aku buat orang yang paling aku sayang?” ujar Dani dengan mata yang sedikit berkaca-kaca.
         “Kamu.... kamu..terlalu penting buat aku Dan. Aku ga mau kamu tahu... seberapa kotornya aku. Sekarang , kamu udah tahu semuanya. Hiks.. hiks.. Kamu pasti ga akan mau kenal sama aku lagi. Aku Cuma orang yang mudah dibohongin dan dimanfaatin hanya karena cinta.” Ucapku sambil terisak.
          Tiba-tiba tangan halus Dani menghapus air mataku. Hal itu justru membuatku semakin terisak.
         “Nangis aja sepuas kamu, karena aku janji akan menghapus tangisan itu menjadi kebahagiaan. Rika... setiap orang punya masa lalu yang kelam. Tapi ga semua orang bisa ngubah masa kelam itu menjadi lebih indah seperti yang kamu lakuin. Kalo Pa Rendi bisa ngeganti posisi kamu dengan orang lain, maukah kamu ngeganti posisi Pa Rendi di hati kamu dengan aku?”
         “Dani... Hiks... kamu terlalu baik buat orang seperti aku....”
       “Ssst... jangan terus menghakimi diri kamu kaya gitu. Aku ga peduli dengan masa lalu kamu, karena yang aku kenal adalah Rika yang sekarang. Aku juga punya banyak kesalahan, dan aku mau belajar bersama kamu untuk memperbaikinya dalam ikatan suci pernikahan.”
         “Hah? Kamu ga salah Dan? Kamu jangan secepat itu menentukan pilihan.”
      “Aku ga salah Rika. Kamu mau kan nunggu aku setahun lagi? Saat kita udah sama-sama lulus dari universitas ini.
         “Aku... aku ga bisa Dan.”
         “Kenapa Rik?”
        “Aku selalu ngebayangin momen ini Dan. Di bayangan ku aku selalu nolak kamu, karena aku emang ga pantes buat kamu. Tapi setelah bayangan itu jadi kenyataan, ternyata... aku ga bisa nolak kamu Dan.”
         “Rika? Jadi kamu mau?”
          “I...iya Dan?”
       “Haha... makasih banget Rika. Jadi, mulai sekarang, jangan pernah menatap masa lalu kamu terlalu lama, karena udah ada aku di masa depan kamu.”
          “Iya, maksih juga Dani. Mulai sekarang , aku ga akan natap masa lalu itu terlalu lama lagi.”
         Dani benar, setiap orang memang tidak selamanya memiliki masa lalu yang indah. Begitupun dengan aku. Aku bersyukur Allah memberiku kesempatan untuk melukis masa kelam ku menjadi lebih indah. Sesekali masa lalu memang harus ditatap untuk menjadi pembelajaran. Namun, bukan untuk menatapnya terlalu lama. Karena masa depan tetap menanti langkah perubahan.

Komentar

Popular post

makalah emotional intelligence

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang             Kecerdasan intelektual seringkali menjadi ukuran sebagian besar orang untuk meraih kesuksesan. Banyak orang berpikir, dengan kemampuan intelektual yang tinggi, seseorang bisa meraih masa depan yang   cerah dalam hidupnya. Tidak heran, banyak orang tua selalu menekankan anaknya untuk meraih nilai sebaik mungkin agar kelak memiliki masa depan yang cemerlang. Sistem pendidikan di negara kita yang lebih menekankan pada prestasi akademik siswa atau mahasiswa juga semakin mendukung argumen tersebut. Padahal kenyataannya, kecerdasan intelektual bukanlah hal mutlak yang dapat menjamin kesuksesan seseorang.             Mungkin kita sering bertanya-tanya mengapa orang yang ber-IQ tinggi justru banyak yang mengalami kegagalan dalam karirnya. Sedangkan orang yang ber-IQ sedang justru dapat lebih sukses dari orang yang ber-IQ tinggi. Hal itu disebabkan karena ada satu kecerdasan yang lebih berpengaruh dalam menentukan kesuksesan seseoran

BOOK REPORT FILSAFAT MORAL

BAB   I PENDAHULUAN 1.1   Identitas Buku Judul buku       : Filsafat Moral Penulis                : James Rachels Cetakan              : ke enam Tahun terbit      : 2013 Penerbit              : Kanisius, Jl. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55011 Halaman             : 394 lembar Harga                 : Rp. 52.000,00 Penerjemah       : A. Sudiarja 1.2   Latar Belakang Penulisan Persoalan-persoalan amoral dewasa ini dinilai semakin memprihatinkan. Banyak kalangan masyarakat yang berperilaku melawan aturan-aturan moral. Aturan yang semula ditaati demi terciptanya keteraturan sosial, kini dengan mudah ditentang oleh banyak kalangan. Perbuatan amoral seolah menjadi hal lumrah di masyarakat. Keteraturan sosial semakin jauh dari harapan. Perubahan zaman yang diwarnai dengan arus globalisasi dan modernisasi merubah segala etika dan aturan moral menjadi sesuatu yang kuno, sehingga banyak kalangan yang meninggalkannya. Degradasi moral yang melanda generasi m

Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

A.     Pendahuluan Bahasa merupakan   alat komunikasi yang penting   agar manusia dapat saling berinteraksi dan berbagi informasi dengan manusia yang lain. Bahasa ada yang digunakan secara lisan, adapula yang digunakan dalam bentuk tulisan. Bahasa melengkapi anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Melalui bahasa, manusia dapat terus mengembangkan kemampuan menalar yang dimilikinya. Kemampuan menalar tersebut sangat penting untuk mengembangkan kemampuan manusia agar terus berkembang kearah kemajuan. Hal itulah yang membuat perkembangan manusia cenderung dinamis. Mengingat pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia, maka penggunaan bahasa harus benar agar dapat dimengerti oleh manusia lain dan tidak menimbulkan kesalah pahaman, terutama dalam penggunakan bahasa tulisan. Dalam menulis, manusia tidak bisa sekehendak hati, tetapi harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku. Di Indonesia, aturan menulis harus sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Penetapan atur