Langsung ke konten utama

Apa yang Salah dengan Cinta



             Semilir angin seolah menyapa derap langkah para mahasiswa yang kembali menjejali kampus. Libur panjang masih meninggalkan rasa enggan untuk kembali bergelut dengan dunia mahasiswa. Namun apa daya, tidak ada istilah tawar menawar lagi untuk memperpanjang masa liburan. Tahun ajaran baru sudah menanti untuk dijalani. Semangat baru harus terus di kobarkan demi sebuah perubahan di semester mendatang.
          Dua orang sahabat sedang melepas kerinduan setelah lama tak berjumpa. Berjabat tangan, mengobrol dan akhirnya tertawa bersama. Pertemuan mereka jelas menggambarkan kebahagiaan karena akhirnya dapat saling melepaskan kerinduan.
            “Ga kerasa Dri, kita udah jadi kaka tingkat sekarang. Yes! Punya ade baru, bro.” Ujar Indra kepada sahabatnya.
            “Ia Ndra. Punya ade baru, atau... kecengan baru Dra?” Haha
           “Ah itu lo kali Dri. Saatnya move on dong. Seorang Andri masih aja galau  mikirin dia mulu. Pasti nanti ada maru yang cocok.”
            “Ah lagi ga pengen mikirin kaya gituan Dra. Biarin mengalir kaya air aja.”
            “Ia.. tapi kelamaan kaya gitu bisa-bisa ikut hanyut sama air. Haha”
            “Eh, ya jangan sampe kaya gitu juga, Dra.”
        Langkah mereka terhenti sejenak menatap rombongan mahasiswa-mahasiswa baru yang sedang menjalani “masa perkenalan” di kampus. Ada seulas senyum yang terkembang di sudut bibir Andri.
            “Dulu kita seculun itu ya Ndra?”
            “Haha... ia bro. Bahkan lebih parah. Muka SMA nya itu masih jelas banget. Haha”
          “Ga keras udah jadi kaka tingkat. Giliran kita yang mengkader mereka dong ya, biar jadi anggota himpunan jurusan.”
            “Ia bro. Gunain kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.”
          “Harusnya sih gitu. Tapi lo kan tau ilmu tentang organisasi gue masih dangkal bro. Belum banyak pengalaman.”
            “Bukan itu maksud gue. Aduh lo emang kurang peka banget. Maksudnya manfaatin buat PDKT juga sama maru.”
            “Eh... pikiran lo kesana mulu Dra.”
            Indra terus menghasut Andri untuk memikirkan sarannya. Jika teman-teman sengkatan tidak ada yang bisa membuat Andri move on, mungkin adik tingkat baru bisa membuat Andri luluh. Namun, Andri hanya menganggap saran itu lelucon, karena ia memang belum berniat mencari pengganti seseorang yang sempat singgah dan masih membekas di hatinya.
***
            Tak terasa proses pengkaderan jurusan sudah berjalan beberapa bulan. Sudah banyak kegiatan pengkaderan yang akhirnya mampu mengakrabkan kaka tingkat dan adik tingkat. Tidak jarang, kedekatan itu menimbulkan rasa lain selain rasa sayang antara junior dan senior. Namun, sepertinya Andri masih belum tertular virus tersebut. Ia masih profesional sebagai kaka tingkat yang hanya menganggap para mahasiswa baru itu sebagai adik yang perlu dibina.
            “Lo lagi smsan sama siapa Ndra? Senyam senyum sendiri sama HP.”
            “Haha... kenapa bro? Pengen ya kaya gini lagi? Bisa senyum-senyum baca sms dari cewe.”
            “Engga sih. Cuma aneh aja. Tumben lo kaya gitu. Seneng banget kayanya.”
            “Ia dong. Ini anak lucu banget orangnya. Ga kuat tahan tawa kalo sama dia.”
            “Cie.. udah dapet mangsa baru Dra?”
            “Bukan Dra. Ah sayangnya gue lagi deket sama seseorang sekarang. Jadi perasaan gue ke dia cuma sebagai adik aja.”
            “Siapa sih orang yang lo maksud?”
            “Tau ga maru yang namanya Anida?”
            “Oh ia ia. Gue sering denger nama itu. Katanya dia aktif banget di pengkaderan.”
            “Nah... itu maru yang lagi smsan sama gue. Siniin HP lo.”
            “Buat apaan?”
            “Ah udah pinjem aja. Ga akan dirampok kok.”
            Indra lalu menekan beberapa digit angka dan mensave nya di HP Andri. Tertulis nama Anida disana.
            “Ngapain masukin nomer dia segala?”
            “Suatu saat mungkin lo butuh. Haha... Udah coba aja kenalan sama dia. Anaknya asik kok. Seru diajak ngobrol, tipe lo banget.”
            “Saingannya berat bro. Gue denger banyak kaka tingkat yang suka sama dia juga. Ah masa saingan sama senior bro? Pasti kalah lah.”
            “Coba dulu. Ngeyel banget jadi anak.”
            “Sejak kapan lo jadi bapa gue?”
            “Andriii.... punya temen kaya gini amat ya..”
            “Haha... emang kita temen?”
           “Lama-lama lo gue lempar pake sepatu! Tau ah, terserah mau ngehubungin dia atau engga. Gue cuma bosen ngeliat lo ga move on- move on.”
***
            Andri hanya termenung di sudut kosan menatap nama Anida di kontak Hpnya. Ia bimbang untuk mencoba menghubunginya atau tidak. Lagipula ia tidak memiliki alasan untuk memulai pembicaraan. 
         “Arrggghtt!!! si Indra malah bikin pusing aja. Ngapain harus ngehubungin dia segala. Ga punya alesannya. Emangnya dia,  gampang benget modus sama cewe.” Gerutu Andri pada diri sendiri.
            Beberapa hari kemudian, himpunan mengadakan acara pengabdian kepada masyarakat di sebuah desa. Acara tersebut merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mengamalkan tridarma perguruan tinggi. Tanpa sengaja, untuk pertama kalinya Andri bertatap muka dengan Anida secara personal. Ada kecanggungan yang masih kental diantara keduanya.
            “Permisi ka,” ucap Anida ketika melewati Andri.
            “Oh iya de. Eh tunggu, kamu liat ka Indra ga? Bentar lagi acara pembukaan mau mulai tapi dia nya ngilang.”
            “Maaf kang, Nida ga liat. Nida duluan ya, mesti nyimpen barang-barang dulu.”
            Andri baru menyadari Anida membawa cukup banyak barang bawaan. Tentu saja, sebagai laki-laki normal, ia tidak akan tega melihat perempuan membawa barang-barang begitu banyak sendirian.
            “Eh tunggu. Sini kaka bantuin. Ini barang-barang apa aja? Kenapa kamu yang bawa sendiri?”
           “Ini buat lomba besok kang. Temen-temen yang lain masih pada sibuk di bagian acara masing-masing. Gapapa Nida aja yang bawa.”
            “Udah nyantei aja, kaka bantuin bawa barangnya.”
            Perbincangan terus berlanjut sepanjang jalan menuju bascamp panitia. Mereka tampak begitu akrab dengan selingan tawa yang mengiringi perjalanan. Saat itulah Andri sadar, Anida memang anak yang asyik untuk diajak berbincang-bincang dan selalu ada hal yang dapat mengundang tawa ketika bersamanya. Pertemuan itu menjadi awal kedekatan mereka berdua.
***
            Andri mulai memperhatikan tingkah laku Anida dari kejauhan. Rasa kagum mulai tumbuh pada diri Andri kepada adiknya itu. Ia ingin sekali lebih dekat dengan Anida, namun ia tak memiliki alasan untuk itu. Sampai suatu ketika...
            “Indra... lo dimana? Kita udah mau pada pulang. Cepetan beresin barang-barang lo. Mau ditinggalin disini?” Andri terus menggerutu dalam telepon kepada sahabatnya.
            “Maaf ka, ini Anida bukan ka Indra.”
       “Hah?” Andri kaget dan kembali memeriksa kontak yang ia hubungi. Alangkah terkejutnya ia mengetahui salah menekan kontak tujuan.
          “Aduh de, maaf. Kaka lagi panik nyariin ka Indra jadi buru-buru neleponnya. Tapi perasaan tadi manggil nomor ka Indra.”
            “Haha... ia gapapa kang. Ya udah Anida mau beres-beresin barang lagi ya. Assalamualaikum.”
            “Ia de, waalaikumsalam.”
        “Ih Andri.... kenapa ampe salah teken kontak sih? Nama Indra sama Anida itu kan jauh banget abjadnya???!!” Andri mengumpat pada diri sendiri.
***
          Tak disangka, insiden salah sambung itu berlanjut dengan saling berkomunikasi satu sama lain. Berawal dari Nida yang menanyakan buku referensi kuliah, Andri seolah memiliki alasan untuk kembali berkomunikasi dengan Nida. Hubungan mereka terus berlanjut sampai semakin dekat. Kecanggungan yang sempat terjadi diantara mereka berdua, kini sudah semakin memudar. Bahkan, Andri sudah sering mengantar Anida pulang kampung ketika perkuliahan libur di akhir pekan. Membuat hubungan pertemanan yang terjalin seolah mulai melebihi batas kewajaran.
            “Nida, sebenernya kaka malu ngedeketin kamu kaya gini. Kaka denger banyak orang yang suka sama kamu.” Andri membuka percakapan ketika mereka makan bersama pada suatu kesempatan.
            “Ah biasa aja ka. Deket kan bukan berarti ada apa-apa. Mereka belum ada yang nyatain perasaannya langusung. Jadi aku masih bebas-bebas aja.”
            “Oh gitu ya. Takut aja kalo kedeketan kita bikin orang lain ga enak.”
            “Engga ada ko ka. Santei aja.”
***
            Andri memikirkan perbincangan ia dengan Anida tadi sore. Haruskah ia memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya kepada Anida. Tapi, Andri merasa belum siap untuk mengatakannya sekarang. Ia masih ingin mengenal Anida lebih dekat untuk mematapkan hatinya.
            Kegalauan yang melanda Andri membuat ia menjadi sering solat berjamaah di masjid. Ia ingin mencari ketenangan dulu sebelum menentukan pilihan yang harus diambilnya. Suatu hari, ia bertemu dengan seseorang yang wajahnya tidak asing dimatanya. Wanita berkerudung volkadot yang menyapanya dengan senyuman. Sosoknya entah mengapa membuat Andri penasaran. Di hari-hari berikutnya, Andri sering berjumpa dengannya kembali ketika dalam perjalanan menuju mesjid. Seperti sebelumnya, senyuman wanita itu masih setiap menyapa Andri ketika mereka bertemu.
            “Ndra, lo tahu ga siapa nama dia? Gue yakin dia mahasiswa jurusan kita. Tapi gue lupa namanya.” Tunjuk Andri pada wanita yang sedang berjalan sendiri keluar dari masjid.
            “Itu kan Rindi, Dri. Temennya Anida.”
            “Wah?? Kok gue ga tau ya.”
            “Makanya kalo PDKT itu jangan setengah-setengah. Kenalin juga temen-temenya. Gimana sih, ga profesional banget.”
            “Ah lo nyindir mulu. Ini kan lagi usaha buat kenal sama temen-temennya juga.”
***
            Semakin sering Andri bertemu dengan Rindi di masjid, membuat ia akhirnya memberanikan diri untuk menyapanya ketika dalam perjalanan pulang.
            “Kamu Rindi temennya Anida kan?”
            “Eh, ia ka. Kaka... ka Andri kan?”
            “Ia. Kenapa ga pernah nyapa cuma senyum doang kalo ketemu.”
            “Hehe... ia maaf ka.”
            “kamu lagi ada waktu ga? Kaka pengen nanya tentang Anida ke kamu.”
            “Oh ia boleh ka. Kaka lagi deket sama dia kan? Anida udah sering cerita.”
            “Haha.. ia boleh dibilang kaya gitulah. Ya udah kita ke taman aja, biar enak ceritanya daripada di jalan kaya gini.”
            Andri kemudian menceritakan kedekatan ia dengan Anida. Kebimbangan-kebimbangan yang ia rasakan juga tidak luput dari bahan pembicaraan. Rindi mendengarkan semuanya dengan seksama. Terkdang ia tertawa mendengar cerita kebahagiaan yang Andri sampaikan, namun terkadang bisa berubah menjadi sendu ketika Andri menyampaikan kegalauan-keagaluannya. Rindi memberikan solusi yang membuat hati Andri nyaman mendengarnya.
            Curhatan mereka tidak hanya berakhir di hari itu. Andri sering menghubungi Rindi di hari-hari berikutnya. Lama-kelamaan, bukan hanya Andri yang sering curhat tapi Rindi juga. Curhatan-curhatan itu berubah menjadi rasa saling perhatian dan menyemangati satu sama lain. Sampai akhirnya, muncullah sebuah perasaan aneh pada diri Andri yang semakin membuat ia bimbang.
            “Indra... jadi menurut lo gue kenapa? Kenapa lebih nyaman hubungan sama Rindi daripada Anida?”
            “kacau bro. Jangan-jangan lo jadi suka sama Rindi?”
            “Ga tau. Setau gue nyaman banget kalo udah curhat-curhatan sama dia. Ada hal yang beda dalam diri dia yang ga gue temuin di Anida.”
            “Ga bisa gini bro. Mereka itu sahabatan. Lo ga bisa milikin kedua-duanya. Harus ada yang lo pilih.”
            “Nah... itu yang bikin gue pusing. Gue harus pilih yang mana?”
            “Mana gue tau. Itu hati kan punya lo. Lo sendiri yang tau siapa yang lebih lo suka.”
***
            Andri benar-benar dilanda kebingungan. Ia dihadapkan pada pilihan yang begitu sulit. Kedua wanita itu begitu baik dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Namun.... hati Andri seolah lebih memihak kepada Rindi. Meski baru mengenalnya, ia begitu nyaman ketika bersama Rindi daripada Anida. Hal itulah yang membuat ia sedikit menghindari Anida untuk beberapa minggu.
            Selama renggangnya hubungan dengan Anida, Andri justru semakin dekat dengan Rindi. Sikap Rindi yang sedikit kekanak-kanakan dan penuh keceriaan selalu membuat Andri nyaman bersamanya. Bersama Rindi, Andri merasa lebih terbuka untuk menceritakan hal apapun yang ia rasakan.
            Namun, Andri sadar, ia harus segera memilih salah satu diantara mereka. Hubungannya dengan Anida memang sudah sangat dekat, namun... hatinya memiliki pilihan lain. Ada tempat yang lebih khusus untuk Rindi disana. Sosok yang baru dikenalnya namun sudah mampu mencuri tempat kosong dihatinya. Akhirnya, ia membulatkan tekad untuk mengikuti apa yang dikatakan hatinya.
            “Nida... kita bisa bicara besok ?” tulis Andri dalam pesan singkat
            “Ia ka”
            Sesuai pertemuan yang telah direncanakan, Andri akhirnya bertemu dengan Anida.
Andri sudah mempersiapkan mental dengan kemungkinan terburuk yang akan ia terima.
            “Maaf ya, kemarin-kemarin kaka ga ngehubungin kamu. Kaka lagi sibuk sama tugas.”
            “Ia gapapa ka. Tapi... apa bener alasannya cuma karena tugas?”
            “Emmm... ya sebenernya kaka mau ngejelasin itu sekarang.”
            “Kaka lagi deket sama Rindi kan?”
            “Hah? Kenapa kamu...”
            “Aku ga sengaja ngedenger curhatan Rindi di kelas sama temen-temen yang lain. Aku juga ngeliat waktu kaka nganterin dia ke kosannya. Jadi itu semua bener kan?”
            “Ia, tapi kita cuma temen kok.”
            “Lebih dari itu juga gapapa ka. Kaka jangan ngerasa ga enak gara-gara aku. Lagian kita juga ga punya hubungan apa-apa kok.”
            “Anida...”
            “Tapi kenapa baru sekarang kaka ngomongnya? Kenapa harus ngasih harapan kosong ke aku buat beberapa saat? Aku lebih sakit ngedenger tentang kalian dari orang lain.”
            “Nida, maafin kaka. Kaka ga bermaksud kaya gitu.”
            “Ya udahlah ka. Jangan diperpanjang lagi. Lanjutin aja hubungan kaka sama Rindi. Urusan kita kayanya udah selesai. Ga ada yang perlu kaka jelasin lagi. Aku pamit sekarang.”
            “Kaka anterin kamu ya.”
            “Ga perlu ka, aku bisa pulang sendiri. Tolong jangan hubungi aku lagi ka.”
            “Anida tunggu. Kaka minta tolong sama kamu. Apa yang udah terjadi diantara kita, tolong jangan sampai ngerusak persahabatan kamu sama Rindi. Semua ini salah kaka.”
            “Tenang aja. Persahabatan aku sama Rindi terlalu berharga untuk hancur hanya karena seorang cowo.”
***
            “Apa Ka? Aku ga salah denger? Kaka bilang kaya gitu ke Anida? Aduh ka, aku jadi ga enak sama dia. Kesannya aku yang ngeganggu hubungan kalian.”
            “Bukan salah kamu Rindi. Hubungan kaka sama Anida emang udah jauh. Ya... tapi mau gimana lagi. Kaka ga bisa maksain hubungan itu semakin jauh, sementara hati kaka lebih nyaman sama kamu.”
            “Tapi ka...”
            “kaka tau kaka salah. Tapi cinta itu hadir gitu aja dan  bukan untuk disalahkan. Itu anugerah dari Allah. Lebih baik nyakitin Anida sekarang daripada ngebohongin dia lebih lama.”
            “Apa Anida baik-baik aja?”
            “Nida orang yang kuat Rin. Kamu tenang aja, kejadian ini ga akan ngerusak persahabatan kalian. Dia yang bilang kaya gitu.”
            “Tetep aja aku ga enak ka. Kayanya aku harus jelasin ke Anida, biar dia ga salah paham.”
            “Percuma Rindi. Dia ga akan denger. Eh, maksud kaka dia emang ngedengerin penjelasan kamu, tapi ga akan masuk ke hati. Tenang aja, orang yang dia benci itu kaka, bukan kamu.”
***
            Sejak itulah hubungan Andri dan Anida menjadi sangat renggang. Tidak pernah ada seulas senyum atau sapaan lagi dari Anida. Hal yang terpancar hanya sorot kebencian dimata Anida. Andri mendapatkan senyum dan sapaan dari orang lain yang bisa mengobati rasa kehilangan sahabat yang sudah begitu dekat dengannya. Orang itu tak lain dan tak bukan adalah Rindi. Hubungan mereka masih sembunyi-sembunyi demi menjaga perasaan Anida.
            Andri seolah benar-benar menemukan apa yang ia cari. Luka lamanya tak terasa lagi karena kehadiran Rindi. Bahkan Andri seolah memiliki ikatan batin yang kuat dengan Rindi. Ia bisa tau apa yang Rindi rasakan meski tak diucapkan. Begitu pun dengan Rindi. Ia merasa nyaman dan dapat mengandalkan Andri. Meskipun kadang ia merasa tak enak kepada Anida, ia juga tak bisa membohongi perasannya. Meski masih berstatus sebagai teman, toh pada kenyataannya hubungan itu sudah lebih dari teman. Tapi, terkadang memang cinta tak butuh status.
            Bulan demi bulan berlalu. Suatu hari, Andri akhirnya tahu bahwa ada orang lain yang menyukai Rindi. Secara tak sengaja, Andri melihat Rindi sedang makan berdua dengan seseorang. Mereka terlihat begitu akrab. Hal itu membuat Andri merasa kepanasan melihatnya.
***
            “Tadi siang kamu makan sama siapa?” tanya Andri ketika bertemu Rindi usai jam kuliah.
            “Sama Riki ka. Tapi kita cuma  temen ka. ”
            “Emm... oh temen ko akrab gitu ya?”
            “Jangan salah paham gitu ka, dia emang cuma temen aja.”
            “Rindi.... kita emang ga pacaran, tapi kamu tau kan gimana perasaan kaka ke kamu. Kaka udah ngorbanin Anida cuma buat kamu. Setidaknya kamu ngerti.”
            “Maaf ka... aku bakal lebih ngejaga perasaan kaka.”
            “Ya udah gapapa.”
***
            Semenjak peristiwa itu, hubungan anatara Andri dan Rindi menjadi renggang. Sebenarnya, Andri sengaja melakukan itu. Ia sedang menyusun startegi untuk memberikan kejutan kepada Rindi di hari ulang tahunnya yang masih sebulan lagi. Ia ingin Rindi merasa kehilangan dirinya sampai akhirnya menyadari betapa berartinya dia untuknya. Jadi, ketika surprise itu ia berikan, Rindi akan merasa sangat bahagia dan hubungan mereka bisa kembali membaik seperti dulu.
            Namun, Rindi tak tau menau tentang rencana Andri itu. Ia merasa sedih dan kehilangan karena hubungannya menjadi renggang. Tidak ada sms, telepon, bahkan sekedar sapaan dari Andri ketika bertemu. Rindi mengira Andri benar-benar membencinya. Sampai suatu ketika, beberapa hari menjelang ulang tahunnya, Andri pergi ke luar kota untuk urusan organisasi. Rindi menjadi benar-benar kehilangan.
            Pada situasi itulah, Riki selalu menghibur Rindi. Dengan ulah konyolnya, ia selalu membuat Rindi tertawa. Riki hadir mengisi kekosongan yang Rindi rasakan ketika Andri tak ada. Perlahan tapi pasti, kedekatan mereka semakin erat dari sebelumnya. Hal itu menimbulkan rasa lain untuk Rindi.
            Tepat di hari ulang tahunya, Riki memberikan hadiah boneka yang sangat lucu untuk Rindi. Boneka teddy bear yang sudah sejak lama ia inginkan. Selain itu, teman-temannya termasuk Anida juga memberikan kejutan untuk Rindi. Tapi... Andri tidak memberikan apapun, bahkan ucapan selamat pun tak ada sama sekali. Hal itu membuat Rindi termenung dan tampak kecewa.
            Disisi lain, Andri sudah semakin gelasah. Jauh dilubuk hatinya, ia ingin menghubungi Rindi untuk mengucapkan selamat. Namun, ia ingat  pada surprise yang sudah ia rencanakan. Sehingga, ia harus lebih bersabar untuk memberikan hadiah special di hari ulang tahun seseorang yang berarti di hidupnya itu.
***
            Seminggu kemudian, saat Andri pulang dari luar kota, ia ingin segera menemui Rindi dan mengajaknya ke suatu tempat. Ada kejutan yang sudah ia persiapkan disana. Ditempat itu, Andri ingin mengungkapkan semua perasannya dan memperjelas status hubungan mereka. Namun apa yang ada di bayangan Andri dengan kenyataan adalah sebaliknya. Ia terkejut ketika di jalan berpapasan dengan Rindi yang sedang naik motor dengan seseorang. Andri langsung berbalik arah dan menyusul kepergian mereka berdua.
            Dijalan, mata Andri memerah melihat kedekatan Rindi dan Riki di motor. Jika bisa ia ingin menghentikan motor itu saat itu juga. Rindi menyadari bahwa Andri mengikuti mereka. Rindi sengaja semakin menampakan keakrabannya agar membuat Andri cemburu.
            Setelah kejadian itu, Andri sering melihat mereka berdua kemana-mana. Ia pun mendapat informasi dari Indra bahwa mereka memang teman dekat sejak awal masuk kuliah, namun baru sekarang-sekarang mereka bertambah semakin dekat. Hal itu membuat Andri merasa terpukul.
***
            Andri akhirnya berhasil membawa Rindi pergi ke tempat yang ia rencanakan sebagai surprise ulang tahun untuk Rindi. Tempat itu adalah di sebuah danau yang sudah dihias sedemikian rupa dengan bunga-bunga dimana-mana.
            “Ini hadiah buat kamu Rindi. Kamu pengen banget kan pergi ke danau ini? Kita bisa naik perahu sama-sama dan keliling danau sepuasnya.”
            “Oh. Makasih.” Ucap Rindi datar
            “Cuma itu doang?”
            “Terus aku mesti gimana? Kaka tau kan ulang tahunku tanggal berapa. Kemana aja ka baru sekarang ngasihnya. Kemana kaka selama ini dan seenaknya dateng lagi.”
            “Kaka bisa jelasin Rin. Kaka....”
            “Udahlah ka. Ga perlu dijelasin. Perasaan aku ke kaka udah ga kaya dulu lagi. Aku sadar sekarang, siapa orang yang bener-bener sayang sama aku. Anida, sahabat yang aku hianatin aja masih mau ngucapin dan ngasih kejutan buat aku. Dia masih baik sama aku padahal aku udah nyakitin dia.”
            “Kenapa Rin? Kenapa secepet itu kamu berubah?”
            “Sikap kaka yang bikin aku kaya gini.”
***
            Setelah pertemuan itu, Andri benar-benar kehilangan Rindi. Ia mendengar kabar bahwa Rindi dan Riki semakin dekat. Pacaran atau tidak hanya mereka yang tau. Andri sudah membuktikan sendiri kebenaran berita itu dengan melihat kedekatan mereka secara langsung. Ada tatapan berbeda dari Rindi yang tak pernah ia lihat ketika bersamanya dulu. Ia tampak lebih bahagia. Andri sudah berusaha memperbaiki hubungannya dengan Rindi, namun tak membuahkan hasil. Perjuangannya harus berbalas rasa sakit melihat kebersamaan seseorang yang pernah dekat dengannya kini bersama orang lain.
            Akhirnya Andri mulai menyerah. Melihat kebahagiaan Rindi, tak ada pilihan lain yang bisa ia lakukan selain merelakannya. Ia lalu mengeluarkan sebuah kalung yang sebenarnya akan menjadi hadiah ulang tahun untuk Rindi. Ia tak sempat memberikannya karena Rindi sudah terlanjur marah.
            “Gue cape kaya gini terus Ndra. Kayanya sekarang waktunya ngerelain dia buat orang lain. Kalung ini buat lo aja Ndra.”
            “Aduh Dri. Gue tau lo lagi galau, tapi jangan sampe bikin lo eror juga. Sejak kapan gue pake kalung?”
            “Aduh Dra... maksudnya ini kalung emang buat lo. Tapi terserah lo mau kasih ke siapa juga.”
            “Haha... Kalo ke Rindi gimana? Siapa tau aja dia luluh.”
            “Jangan. Udah biarin aja dia ga tau apa-apa soal kejadian pas gue ngehindarin dia sebelum ulang taunnya. Kalung itu lo kasih ke siapa aja asal jangan Rindi.”
            “Lo yakin Dri? Emang lo kuat ngeliat dia sama yang lain?”
            “Lama-lama gue juga biasa Dra. Kalo jodoh ga akan kemana. Ini karma kali, dulu gue ngelepasin Anida saat nemuin orang yang lebih bisa buat gue nyaman. Eh... sekarang itu yang nimpa gue.”
            “Ya... itu kali yang disebut hukum sebab akibat Dri.”
***
            Untuk kedua kalinya, Andri kehilangan seseorang yang pernah dekat dengannya. Namun, berbeda dengan dulu. Ia kini menghadapinya sendiri. Tak ada lagi Rindi di sampingnya.
            Cinta... bisa menyatukan dua insan yang begitu berbeda namun bisa juga memisahkan dua insan yang pernah dilanda cinta. Apa yang salah dengan cinta, mengapa bisa menghancurkan hubungan baik yang selama ini terbina dan berganti dengan kebencian. Apa yang salah dengan cinta, hingga membuat dua orang yang begitu dekat sanggup untuk saling menjauh ketika cinta itu tak lagi diaras. Mengapa harus ada cinta jika berujung pada derita.
           

Komentar

Popular post

makalah emotional intelligence

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang             Kecerdasan intelektual seringkali menjadi ukuran sebagian besar orang untuk meraih kesuksesan. Banyak orang berpikir, dengan kemampuan intelektual yang tinggi, seseorang bisa meraih masa depan yang   cerah dalam hidupnya. Tidak heran, banyak orang tua selalu menekankan anaknya untuk meraih nilai sebaik mungkin agar kelak memiliki masa depan yang cemerlang. Sistem pendidikan di negara kita yang lebih menekankan pada prestasi akademik siswa atau mahasiswa juga semakin mendukung argumen tersebut. Padahal kenyataannya, kecerdasan intelektual bukanlah hal mutlak yang dapat menjamin kesuksesan seseorang.             Mungkin kita sering bertanya-tanya mengapa orang yang ber-IQ tinggi justru banyak yang mengalami kegagalan dalam karirnya. Sedangkan orang yang ber-IQ sedang justru dapat lebih sukses dari orang yang ber-IQ tinggi. Hal itu disebabkan karena ada satu kecerdasan yang lebih berpengaruh dalam menentukan kesuksesan seseoran

BOOK REPORT FILSAFAT MORAL

BAB   I PENDAHULUAN 1.1   Identitas Buku Judul buku       : Filsafat Moral Penulis                : James Rachels Cetakan              : ke enam Tahun terbit      : 2013 Penerbit              : Kanisius, Jl. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55011 Halaman             : 394 lembar Harga                 : Rp. 52.000,00 Penerjemah       : A. Sudiarja 1.2   Latar Belakang Penulisan Persoalan-persoalan amoral dewasa ini dinilai semakin memprihatinkan. Banyak kalangan masyarakat yang berperilaku melawan aturan-aturan moral. Aturan yang semula ditaati demi terciptanya keteraturan sosial, kini dengan mudah ditentang oleh banyak kalangan. Perbuatan amoral seolah menjadi hal lumrah di masyarakat. Keteraturan sosial semakin jauh dari harapan. Perubahan zaman yang diwarnai dengan arus globalisasi dan modernisasi merubah segala etika dan aturan moral menjadi sesuatu yang kuno, sehingga banyak kalangan yang meninggalkannya. Degradasi moral yang melanda generasi m

Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

A.     Pendahuluan Bahasa merupakan   alat komunikasi yang penting   agar manusia dapat saling berinteraksi dan berbagi informasi dengan manusia yang lain. Bahasa ada yang digunakan secara lisan, adapula yang digunakan dalam bentuk tulisan. Bahasa melengkapi anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Melalui bahasa, manusia dapat terus mengembangkan kemampuan menalar yang dimilikinya. Kemampuan menalar tersebut sangat penting untuk mengembangkan kemampuan manusia agar terus berkembang kearah kemajuan. Hal itulah yang membuat perkembangan manusia cenderung dinamis. Mengingat pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia, maka penggunaan bahasa harus benar agar dapat dimengerti oleh manusia lain dan tidak menimbulkan kesalah pahaman, terutama dalam penggunakan bahasa tulisan. Dalam menulis, manusia tidak bisa sekehendak hati, tetapi harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku. Di Indonesia, aturan menulis harus sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Penetapan atur