Langsung ke konten utama

Menelisik surat Cinta-Nya dibalik Pandemi Covid-19



Foto ini diambil di Kampung Toga, Sumedang, tepatnya di bukit tempat Paralayang. Saat itu sekitar pertengahan bulan Februari, sebelum "Negara Api Menyerang". Ya, saat itu semua masih baik-baik saja. Walaupun sudah ada pertanda "serangan", semua masih dapat berjalan normal. Berpergian, menghirup udara segara, menikmati panorama alam, it's possible.

Namun semua berubah total saat ini. Kamu bisa memilih untuk berwisata dan berpergian, namun jika melakukannya berarti mengakui bahwa kamu adalah orang yang egois. Karena saat ini pemerintah Indonesia sudah memberlakukan Lockdown alias karantina wilayah yang melarang orang-orang untuk berpergian dan dianjurkan untuk berdiam diri di rumah. Bahkan saat ini social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan harus dilakukan. Well... ada apakah gerangan? Mengapa dunia jadi seperti penjara dan orang-orang seolah tahanan rumahan? Bukan tanpa sebab, karena tidak mungkin ada asap bila tidak ada api. Semua kebebasan seolah hilang sejak virus corona mulai menyebar di Indonesia.
Jika kamu tidak tahu apa itu virus corona, maka eksistensimu perlu dipertanyakan. Karena kepopuleran virus ini sudah mengalahkan ketenaran selebriti, keasyikan mobile legend ataupun kemenarikan produk merk-merk terkenal didunia. Bukan tanpa alasan, virus ini sudah melalangbuana keberbagai negara. Menurut data yang dilansir dari Worldometers, sudah ada 121 negara yang terjangkit virus Corona tersebut. Tentunya, Indonesia adalah salah satu dari negara tersebut.
Kita sempat bersantai ria ketika virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 tersebut menghebohkan Cina di bulan Januari lalu. Ya, asal usul virus yang menyebabkan orang menjadi sesak nafas, batuk, flu dan demam tinggi tersebut memang berasal dari Negeri Tirai Bambu, tepatnya di Kota Wuhan. Penyebarannya sangat cepat karena dapat menular melalui udara, sentuhan fisik ataupun menempel pada benda. Tidak heran negara-negara tetangga Cina seperti Korea Selatan dan Jepang langsung terkena dampaknya. Indonesia masih belum menunjukkan tanda-tanda waspada, bahkan ketika negara tetangga seperti Singapura, Vietnam dan Malaysia sudah terkena dampaknya. Kita masih "santuy" kalau menurut bahasa gaul anak zaman "now". Barulah kepanikan melanda ketika tanggal 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan 1 warga negara Indonesia terkena positif Corona.
pasien Corona, sumber :www.cnnindonesia.com


Dari satu tumbuh seribu, mungkin itulah ibaratnya. Persebaran virus tersebut tidak tertahan, banyak orang yang mulai terjangkit dan bertambah hingga ratusan. Dari Depok menyebar ke daerah-daerah lain di Indonesia, seperi Karawang, Bekasi, Bogor, Aceh dan wilayah lainnya. Pasiennya tidak pandang bulu, mulai dari rakyat jelata hingga pejabat negara, dari yang muda hingga yang tua. 
Akhirnya, "kesantuyan" kita menimbulkan bencana. Kita belum siap, terlalu percaya diri Indonesia tidak akan terjangkit.
Tenaga medis tidak punya Alat Pengamanan Diri (APD) yang memadai hingga jas hujan jadi sasaran. Rumah sakit kekeurangan obat dan alat medis. Pengetahuan masyarakat masih minim tentang pencegahan penyakit. Siswa terpaksa belajar dirumah dan kebingungan karena tugas yang menumpuk tanpa banyak dijelaskan oleh gurunya. Orangtua kebingungan karena tidak tahu menahu tentang tugas sekolah dan harus menganggarkan untuk biaya kuota. Banyak masyarakat menengah ke bawah yang terkena dampak kehilangan mata pencaharian dan sulitnya mendapatkan penghasilan karena anjuran #diamdirumah yang digalakkan pemerintah. Parahnya, Anggaran daerah dan pusat belum dianggarkan untuk situasi tersebut. Negara kelabakan, rakyat kebingungan.

Namun, tenangkan diri sejenak ditengah kepanikan tersebut. Coba tutup mata dan kita pakai kacamata yang berbeda. Pasti ada hikmah yang terselip dibalik pandemi yang menghebohkan dunia ini. Emm... mungkin ini pelantara surat cinta dari Allah dalam bentuk yang berbeda, karena kita mengabaikan pesan cinta-Nya yang lain yang ditulis dengan kelembutan dan ketulusan. Ya, surat cinta yang hanya kita pajang hingga berdebu, lupa untuk dibaca karena kesibukan semakin melanda.
Padahal jawaban dari pandemi ini ada dalam surat cinta-Nya:
وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ ٱلْغَمَامَ وَأَنزَلْنَا عَلَيْكُمُ ٱلْمَنَّ وَٱلسَّلْوَىٰ ۖ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ ۖ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَٰكِن كَانُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

Referensi: https://tafsirweb.com/362-quran-surat-al-baqarah-ayat-57.html

وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ ٱلْغَمَامَ وَأَنزَلْنَا عَلَيْكُمُ ٱلْمَنَّ وَٱلسَّلْوَىٰ ۖ كُلُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقْنَٰكُمْ ۖ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَٰكِن كَانُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

Referensi: https://tafsirweb.com/362-quran-surat-al-baqarah-ayat-57.html
وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ الْغَمَامَ وَأَنْزَلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوَىٰ ۖ كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ ۖ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَٰكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ
"Dan Kami naungi kamu dengan awan, dan Kami turunkan kepadamu "manna" dan "salwa". Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu; dan tidaklah mereka menganiaya Kami; akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. (Q.S Al Baqarah: 57)
Ya, awal dari pandemi ini karena kita tidak menuruti firman-Nya untuk memakan makanan yang baik-baik saja. Manusia dikarunia dengan akal dan pikiran untuk memahami maksud dari "makanan yang baik" tersebut. Alat kesehatan dan pengetesan makanan juga sudah canggih untuk membedakan makanan yang boleh dimakan dan tidak. Namun nurani kita seolah tertutup hingga mengikuti nafsu memakan apa saja, sampai Allah menegur lewat Kelewar yang menyebarkan virus Corona.

Lalu cobalah buka surat cinta lain:
 إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ........
" ....Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan/membersihkan diri.(Q.S Al Baqarah : 222)"
Sejak Corona menggemparkan, barulah kita sadar tentang pentingnya kebersihan. Cuci tangan sebelum makan kembali digembor-gemborkan, mandi dan mencuci pakaian kembali dirajinkan. Padahal, Allah telah lama memberitahukan bahwa Ia lebih suka orang yang menjaga kebersihan.

Corona juga membuat kita menyadari betapa berartinya sebuah keluarga. Para pasien yang diisolasi sendirian, dan tenaga medis yang dijauhkan dari keluarga menjadi pelajaran bahwa keluarga adalah hal berharga dan harus kita jaga selama bisa. Bebruat baiklah kepada keluarga selagi ada kesempatan dan sebelum dipisahkan.  Pesan ini ada dalam firmannya :
 وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ
"Dan Kami perintahkan manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya....(Q.S Luqman: 14)" 
Allah juga ingin mengembalikan nurani kemanusiaan dan fitrah dasar kita lewat Corona ini. Misalnya hubungan anak dan orangtuanya dapat kembali lebih erat ketika #belajardirumah digalakkan pemerintah agar menghindari Corona. Keluarga seringkali lupa bahwa madrasah pertama anak-anak mereka seperti dalam Firman-Nya:
وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Referensi: https://tafsirweb.com/4628-quran-surat-al-isra-ayat-24.html
 وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Referensi: https://tafsirweb.com/4628-quran-surat-al-isra-ayat-24.html
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: 'Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil'. (QS. Al-Isra : 24) "
Ketika keluarga tidak tahu apa yang dipelajari anak-anak mereka disekolah, inilah saatnya untuk mengetahuinya. Melihat mereka kesulitan mengerjakan tugas, berkomunikasi langsung dengan guru pembimbingnya, membantu mereka merekan vidio atau memotret karyanya, mungkin adalah proses yang membuat keluarga kembali menjadi tempat pendidikan bagi anak-anak.

Hal yang lebih utama, Allah ingin kita kembali menemukan hati nurani kemanusiaan kita. Lewat vidio kesulitan dan penderitaan pasien Corona mungkin meluluhkan air mata kita untuk kembali peduli kepada sesama. Kita diajak untuk saling berbagi dalam keterbatasan, saling peduli ditengah himpitan kesulitan. Sikap egois kitapun kembali diredam dan diajak saling menjaga satu sama lain. Hal ini tanpa kita sadarai sudah mengikuti anjurannya 
 وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
".......Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (Q.S Al Maidah : 2)"

Intinya, kejadian virus Corona berupa teguran agar kita kembali mendekat kepada-Nya. Maka semoga doa dan ikhtiar kita juga dapat kembali merayu Allah agar menghilangkannya kembali. Semoga bumi kita dapat kembali sehat :)


وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Referensi: https://tafsirweb.com/39178-ayat-tentang-tolong-menolong.html
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Sumber: https://almanhaj.or.id/2800-perintah-untuk-saling-menolong-dalam-mewujudkan-kebaikan-dan-ketakwaan.html
وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Referensi: https://tafsirweb.com/1886-quran-surat-al-maidah-ayat-2.html
وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Referensi: https://tafsirweb.com/1886-quran-surat-al-maidah-ayat-2.html
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Sumber: https://almanhaj.or.id/2800-perintah-untuk-saling-menolong-dalam-mewujudkan-kebaikan-dan-ketakwaan.html

Komentar

Popular post

makalah emotional intelligence

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang             Kecerdasan intelektual seringkali menjadi ukuran sebagian besar orang untuk meraih kesuksesan. Banyak orang berpikir, dengan kemampuan intelektual yang tinggi, seseorang bisa meraih masa depan yang   cerah dalam hidupnya. Tidak heran, banyak orang tua selalu menekankan anaknya untuk meraih nilai sebaik mungkin agar kelak memiliki masa depan yang cemerlang. Sistem pendidikan di negara kita yang lebih menekankan pada prestasi akademik siswa atau mahasiswa juga semakin mendukung argumen tersebut. Padahal kenyataannya, kecerdasan intelektual bukanlah hal mutlak yang dapat menjamin kesuksesan seseorang.             Mungkin kita sering bertanya-tanya mengapa orang yang ber-IQ tinggi justru banyak yang mengalami kegagalan dalam karirnya. Sedangkan orang yang ber-IQ sedang justru dapat lebih sukses dari orang yang ber-IQ tinggi. Hal itu disebabkan karena ada satu kecerdasan yang lebih berpengaruh dalam menentukan kesuksesan seseoran

BOOK REPORT FILSAFAT MORAL

BAB   I PENDAHULUAN 1.1   Identitas Buku Judul buku       : Filsafat Moral Penulis                : James Rachels Cetakan              : ke enam Tahun terbit      : 2013 Penerbit              : Kanisius, Jl. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55011 Halaman             : 394 lembar Harga                 : Rp. 52.000,00 Penerjemah       : A. Sudiarja 1.2   Latar Belakang Penulisan Persoalan-persoalan amoral dewasa ini dinilai semakin memprihatinkan. Banyak kalangan masyarakat yang berperilaku melawan aturan-aturan moral. Aturan yang semula ditaati demi terciptanya keteraturan sosial, kini dengan mudah ditentang oleh banyak kalangan. Perbuatan amoral seolah menjadi hal lumrah di masyarakat. Keteraturan sosial semakin jauh dari harapan. Perubahan zaman yang diwarnai dengan arus globalisasi dan modernisasi merubah segala etika dan aturan moral menjadi sesuatu yang kuno, sehingga banyak kalangan yang meninggalkannya. Degradasi moral yang melanda generasi m

Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

A.     Pendahuluan Bahasa merupakan   alat komunikasi yang penting   agar manusia dapat saling berinteraksi dan berbagi informasi dengan manusia yang lain. Bahasa ada yang digunakan secara lisan, adapula yang digunakan dalam bentuk tulisan. Bahasa melengkapi anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Melalui bahasa, manusia dapat terus mengembangkan kemampuan menalar yang dimilikinya. Kemampuan menalar tersebut sangat penting untuk mengembangkan kemampuan manusia agar terus berkembang kearah kemajuan. Hal itulah yang membuat perkembangan manusia cenderung dinamis. Mengingat pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia, maka penggunaan bahasa harus benar agar dapat dimengerti oleh manusia lain dan tidak menimbulkan kesalah pahaman, terutama dalam penggunakan bahasa tulisan. Dalam menulis, manusia tidak bisa sekehendak hati, tetapi harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku. Di Indonesia, aturan menulis harus sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Penetapan atur